Guncel Ekonomi service Ini Dia 4 Alasan Mengapa Beberapa Percetakan Memiliki Tarif yang Mahal!

Ini Dia 4 Alasan Mengapa Beberapa Percetakan Memiliki Tarif yang Mahal!

Mencetak tulisan  pada media kertas merupakan suatu aktivitas yang tidak bisa dipisahkan pada kantor, ataupun kegiatan pembelajaran untuk tujuan tertentu. Tidak heran jika area sekitar kampus, ataupun sekolah dipenuhi dengan jasa percetakan dan semuanya selalu memiliki pelanggan. Namun, dari sekian banyak jasa print yang berdampingan ada beberapa yang menawarkan harga print warna a4 yang lebih mahal, namun anehnya tetap diminati masyarakat.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Print Warna Per Lembar Mahal

Sebelum berpikiran buruk mengenai jasa percetakan yang mematok harga mahal, anda harus memiliki sedikit wawasan mengenai hal tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mahalnya harga print pada suatu percetakan yang bisa diterima, diantaranya

1.Tipe dan Ukuran Kertas

Faktor pendorong pertama adalah tipe dan ukuran kertas yang digunakan sebagai media utama proses percetakan. Ada banyak jenis kertas yang tersedia sesuai kebutuhan pelanggan yang dibedakan berdasarkan bahan dan ukurannya.  Semakin berkualitas dan besar kertas yang digunakan, maka harga print warna per lembar  tentu lebih mahal, demikian sebaliknya.

2.Banyaknya Warna Pada Cetakan

Banyaknya warna pada cetakan biasanya sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dimana tidak semua pelanggan mencetak tugas sekolah mereka dengan menggunakan tinta hitam. Jika di dalamnya terdapat contoh gambar, maka tinta warna wajib digunakan, yang tentunya berpengaruh terhadap mahalnya biaya cetak.

3.Kualitas Tinta yang Digunakan

Dalam dunia percetakan, ada beberapa jenis tinta yang memiliki kualitas baik dan menghasilkan warna lebih jelas dan tidak mudah pudar. Jika kebetulan jasa percetakan menggunakan tinta jenis ini maka tidak heran jika harga print warna a4 lebih mahal dari biasanya.

4.Tampilan atau Desain yang Diaplikasikan

Setiap orang mencetak tulisan atau gambar dengan tujuan yang berbeda-beda, sehingga semua harga cetak tidak bisa di samakan begitu saja. Jika kertas hanya diaplikasikan dengan tulisan polos biasa, maka proses print bisa berjalan cepat tanpa memakan banyak tinta. Namun, jika dalam satu kertas terdapat desain yang rumit, tentu membutuhkan tinta yang lebih banyak dan berpengaruh terhadap harga.

5.Kuantitas Cetakan

Faktor terakhir adalah kuantitas atau banyaknya jumlah tulisan yang akan dicetak dalam satu jasa percetakan. Semakin banyak tulisan yang dicetak, maka kemungkinan besar tarif yang dikenakan juga murah. Sementara jika mencetak hanya beberapa lembar, tentu jasa percetakan akan rugi jika menggunakan harga murah, karena tidak sebanding dengan tenaga yang digunakan.

Jika dilihat dari beberapa faktor di atas, maka sudah sewajarnya percetakan menggunakan tarif yang lebih mahal dari harga standar. Hal ini dilakukan agar mereka tidak memperoleh kerugian yang banyak hanya demi menarik pelanggan. Lima hal di atas juga bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin membuka usaha percetakan dalam menentukan harga jasa print warna per lembar .