Guncel Ekonomi interior Jangan Lagi Keliru, Sebutan Masyarakat Terhadap Lantai Vinyl Laminate Ternyata Salah

Jangan Lagi Keliru, Sebutan Masyarakat Terhadap Lantai Vinyl Laminate Ternyata Salah

Dalam mendekorasi sebuah ruangan, lantai menjadi hal yang paling krusial untuk dipikirkan matang-matang dalam pemasangannya. Lantai menjadi penentu mood ruangan, ruangan akan terasa nyaman jika lantai yang dipasang juga selaras. Untungnya, di zaman sekarang kita sudah difasilitasi oleh berbagai jenis lantai dari berbagai jenis bahan. Dahulu, pemilihan lantai hanya terpatok corak dengan bahan yang sama, yaitu keramik. Sekarang kita bahkan dapat memilih banyak corak hanya dari satu bahan saja atau sebaliknya, kita dapat memilih corak sama dengan bahan yang berbeda sama sekali. Model lantai yang paling populer adalah lantai vinyl. Lantai vinyl menjadi populer karena banyak sekali jenis dan coraknya, tahan air, tahan kotor, dan tentunya relatif murah.

Namun ada kesalahkaprahan yang sering terjadi dalam memahami lantai vinyl. Kebanyakan orang mengira lantai vinyl memiliki jenis yang disebut lantai vinyl laminate. Padahal keduanya sangat berbeda.

Perbedaan lantai vinyl dan laminate

Dari mulai pembuatannya, bahan yang digunakan, hingga cara pemasangan antara vinyl dan laminate atau sering disebut sebagai laminate flooring sangatlah berbeda. perbedaannya antara lain:

1. Bahan

Walaupun lantai vinyl memiliki banyak corak yang menyerupai kayu, namun lantai vinyl tidaklah terbuat dari kayu. Berbeda dengan lantai laminate yang terbuat dari serbuk. Lantai laminate tercipta sejak industri properti sadar akan mengurangnya sumber daya kayu yang sulit dan membutuhkan banyak kayu untuk diperbarui, sehingga laminate hanya terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan bahan lain seperti melamin yang berfungsi sebagai pelindung. Pencampuran antara kayu dan bahan lain disebut sebagai proses laminasi. Maka dari itu jenis lantainya disebut sebagai laminate flooring. Jadi tidak ada alasan untuk menyebut lantai vinyl karet karena keduanya tidak bisa disamakan.

2. Lapisan

Biasanya penyamaan lantai vinyl laminate juga disebabkan karena keduanya sama-sama jenis lantai yang berlapis-lapis. Padahal lantai vinyl terdiri dari tiga lapisan utama printing layer, glass fiber, dan compact layer. Sedangkan laminate terdiri dari empat lapisan utama yaitu melamin, MDF atau HDF (medium density fiberboard atau high density fiberboard), material dekoratif, dan film tansparan.

3. Ketebalan

Ketebalan lantai vinyl biasanya lebih tipis, hanya berkisar antara 1,6 hingga 3,0 mm tergantung jenisnya. Sedangkan lantai laminate lebih tebal. Ketebalan lantai laminate ada dua jenis, yaitu 8 mm dan 12 mm.

4. Pemasangan

Penyamaan lainnya sehingga ada kata lantai vinyl laminate juga sering dikaitkan dengan pemasangan.  Baik vinyl maupun laminate memiliki cara pasang yang berbeda. Lantai vinyl dipasang dengan menempelkannya ke lantai dasar dengan lem atau perekat lain yang telah disediakan atau bahkan sudah terpasang otomatis di dasar lantainya. Sedangkan lantai laminate dilengkapi dengan sistem interlocking antara ceruk dan lidah. Persatu keping lantai, di sisi kiri terdapat ceruk sedangkan di sisi kanan terdapat lidah. Selain itu di bagian atas terdapat ceruk dan di bagian bawah terdapat lidah. Sehingga pemasangannya tinggal saling rekat antara ceruk dan lidah. Lantai laminate juga sesekali memerlukan lem perekat untuk merekatkan antara ceruk dan lidah atau merekatkan lantai laminate ke lantai dasar agar lebih kuat.

Ketahanan

Jika dibandingkan parket dan lantai vinyl, bisa dikatakan vinyll lebih kuat. Lebih kuat menahan air dan kotoran, sedangkan lantai laminate kadang-kadang tidak mampu menahan air dan benda-benda yang terlalu berat di atasnya. Sehingga pemasangan lantai laminate lebih cocok di ruang yang jarang terkena air dan tidak terlalu banyak beban benda.

Sudah jelas kan sangat berbeda sekali antara lantai vinyl dan laminate. Maka dari itu tidak ada lagi alasan untuk menyebut lantai vinyl laminate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *