Guncel Ekonomi konstruksi Jenis, Fungsi, Kekurangan Dan Kelebihan Besi Hollow

Jenis, Fungsi, Kekurangan Dan Kelebihan Besi Hollow

Kekurangan Dan Kelebihan Besi Hollow

Besi hollow kini sudah menjadi primadona dikalangan para pekerja konstruksi, khususnya bagi orang orang yang sedang berencana hendak membuat bangunan. Penggunaan besi untuk bahan penunjang bangunan memang bukanlah hal baru. Setelah sebelumnya penggunaan kayu mulai pudar, kini besi mulai menguasai pasaran karena dinilai lebih praktis dan juga lebih mampu membuat bangunan menjadi tahan lama.

Memang tak dapat di pungkiri, dibandingkan kayu yang bisa keropos maupun mudah rusak, besi dinilai lebih kuat dan aman untuk digunakan. Jika Anda sedang memiliki rencana membangun bangunan tertentu atau misalnya pagar rumah, maka menggunakan besi hollow adalah salah satu solusi yang tepat. Nah salah satu produk unggulan yang bisa dijadikan pilihan adalah besi hollow, apa kelbihan dari produk ini? Simak ulasannya berikut

Pengertian Besi Hollow

Besi Hollow adalah salah satu jenis yang memiliki bentuk berongga sehingga memiliki banyak kesesuaian jika digunakan untuk beberapa jenis konstruksi. Lebih tepatnya bentuk dari besi ini adalah seperti penampang pipa panjang yang memiliki rongga berbentuk segi empat, maka tak jarang jika banyak orang menyebut besi ini dengan nama pipa kotak.

Jenis jenis Besi Hollow :

Sama seperti beberapa produk lainnya, besi ini juga memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan penggunaannya. Terdapat sekitar 4 jenis yang kerap kali sering muncul dan digunakan oleh para pekerja konstruksi, yakni:

1. Hollow Galvanise.

Jenis besi hollow Galvanise di dalamnya terdapat lapisan finishing yang mengandung zing coating 97% . Tak hanya zing coating, jenis ini memiliki kadar aluminium serta beberapa zat-zat lainnya yang jika di total ada sekitar 3%. Jenis ini biasanya banyak digunakan untuk pembuatan pagar, kanopi, dan beberapa hasil bangunan lainnya. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik maka sebelum menggunakan jenis hollow satu ini terlebih dahulu lapisi dengan zat coating agar nantinya tidak mudah berkarat.

2. Hollow Galvalume.

Jenis besi hollow Galvalume emiliki lapisan aluminium yang lebih besar dibandingkan jenis galvanise. Terdapat sekitar 55% kandungan aluminium, yang ditambah dengan kandungan unsur besi sebanyak 43.5%. Untuk lapisan sebesar 1.5% diisi oleh silicon agar besi ini tidak mudah berkarat jika terkena air biasa maupun air hujan. Kelebihan yang dimiliki hollow jenis galvalume ini memiliki ketebalan yang bermacam-macam bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Hollow Hitam.

Jenis Besi Hollow hitam adalah salah satu jenis besi yang ukuran panjangnya sudah di standarisasi, karena memang penggunaannya biasanya cocok digunakan untuk pembuatan pagar. Berbahan dasar baja hitam membuat besi ini memiliki tekstur yang sangat tebal dan kuat saat digunakan.

4. Hollow Gypsum.

Menjadi salah satu jenis yang cukup banyak digunakan, hollow gypsum memang memiliki bahan yang lebih tahan lama serta yang paling terhindar dari serangan rayap. Biasanya hollow jenis ini sebagian besar digunakan untuk membuat plafon untuk rangka rumah maupun bangunan-bangunan seperti gedung.

Spesifikasi Besi Hollow :

Menjadi salah satu jenis besi yang cukup populer dikalangan konstruksi, memang dikarenakan besi hollow memiliki beberapa spesifikasi menarik. Saat ini memang tidak dapat di pungkiri jika peredaran besi tidak lagi diikuti dengan kualitas yang mumpuni, oleh karena itu besi ini memang bisa dikatakan lebih unggul spesifikasinya daripada jenis yang lainnya. Dari beberapa jenis yang sudah dipaparkan, terlihat jika hollow mampu mengakomodasi beberapa rancangan rangka yang berkaitan dengan dunia konstruksi.

Kelebihan Besi Hollow :

Bukan tanpa alasan yang jelas jika ada banyak masyarakat yang memilih beralih menggunakan jenis besi hollow ini. Tentunya ada alasan yang jelas dibalik pemilihannya, yakni yang berkaitan dengan kelebihan maupun keunggulan produk. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh hollow diantaranya adalah:

Memiliki kualitas yang lebih baik.

Jika membahas mengenai kualitas besi tentu tidak bisa terlepas dari yang namanya hollow. Berbagai lapisan yang ada dalam jenis-jenis besi ini sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Biasanya tak banyak besi yang bisa tahan dari serangan api maupun rayap, namun besi ini mampu menahannya karena memiliki lapisan yang solid.

Pemasangan relatif cepat dan mudah.

Kelebihan satu ini memang yang paling banyak menarik minat para pekerja konstruksi. Hal tersebut karena jika pemasangannya yang mudah dan relative cepat tentunya tidak akan memakan waktu yang banyak sehingga bisa dialihkan untuk kegiatan selanjutnya. Tekstur yang dimiliki oleh hollow memang memungkinkan untuk mudah dibentuk serta diaplikasikan, dan itu semua karena kandungan bahan yang ada pada produk tersebut.

Perawatan awet.

Karena pada dasarnya sudah diperkaya dengan beberapa lapisan seperti zat coating, membuat hollow tidak terlalu sulit dari segi perawatannya. Bahkan besi jenis ini tidak rentan terkena rayap maupun api, serta tidak mudah berkarat.

Tidak mudah mengalami korosi.

Kebanyakan masalah besar besi adalah mengalami korosi, dan hal itu memang akan membuat performa besi menjadi tidak menarik dan juga mudah rusak. Oleh karena itu jika Anda memakai hollow jenis galvalume maka peluang mengalami korosi akan lebih sedikit karena lapisan aluminium dan juga silicon yang terkandung di dalamnya.

Kekurangan Besi Hollow :

Tentunya tidak ada produk yang memiliki tingkat kesempurnaan hingga 100%, pasti masih ada sedikit celah maupun kekurangan yang dimiliki, begitu pula dengan besi jenis ini. Diantara beberapa kelebihan yang dimiliki, besi ini memiliki kekurangan, seperti:

Jika hendak membuat rancangan yang menanggung beban sangat banyak, maka tidak terlalu disarankan menggunakan besi jenis ini. Sebab, sebenarnya jenis besi ini tidak terlalu mampu menanggung beban berat terlalu besar. Hal tersebut karena adanya beberapa lapisan yang terkandung di dalamnya.

Ukuran yang dimiliki oleh besi ini tidak terlalu panjang, hanya sekitar 6 meter saja. Memang, besi ini biasanya hanya difungsikan untuk pembuatan pagar atau plafon yang memiliki ukuran tidak terlalu panjang. Namun, jika Anda hendak membuat rancangan seperti atap atau yang membutuhkan ukuran panjang maka bisa menggunakan jenis lainnya. Sebenarnya memang bisa saja disambung menggunakan las namun akan tetap kurang memuaskan.

Fungsi Besi Hollow :

Orang-orang yang bekerja dalam bidang konstruksi kebanyakan mengaplikasikan hollow ini menjadi beberapa kegunaan, diantaranya:

Sebagai rangka plafon dan railing.

Kebanyakan orang-orang kerap kali memilih besi ini untuk bahan pembuatan plafon maupun railing. Hal tersebut dikarenakan jenis hollow ini memiliki penampang yang sangat cocok jika diaplikasikan pada dua rangka tersebut.

Pagar.

Saat ini tidak trend lagi apabila membuat pagar menggunakan kayu, meskipun sebenarnya hasilnya akan lebih estetik. Namun, saat ini demi keamanan dan keawetan, banyak yang sudah beralih menggunakan bahan besi, dan salah satu jenis yang paling cocok adalah hollow.

Furniture industrial.

Warna dari besi ini yang hitam keabu-abuan ini sangat cocok dengan konsep furnitur industrial yang sedang marak akhir-akhir ini. Dengan warna-warna tersebut maka akan menghasilkan kesan produk yang elegan. Biasanya untuk produk ini dikombinasikan dengan besi siku agar mendapatkan produk yang memuaskan.

Simak Juga : Harga Besi Hollow Terbaru April 2020 Berbagai Ukuran

Nah, melalui berbagai informasi tersebut maka tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih menggunakan besi hollow ini. Memang tak dapat di pungkiri jika besi jenis ini sedang populer di kalangan para pekerja konstruksi karena spesifikasi serta kelebihan yang dimilikinya.