Guncel Ekonomi Tour and Travel Makanan Enak di Surabaya, Kuliner Legendaris Sate Ayam Lisidu

Makanan Enak di Surabaya, Kuliner Legendaris Sate Ayam Lisidu

 

Makanan Enak di Surabaya, Kuliner Legendaris Sate Ayam Lisidu

Apakah Anda sedang merencana untuk melakukan perjalanan ke Surabaya? Jika iya, jangan lewatkan mencicipi salah satu kuliner legendaris di ibukota Jawa Timur itu yaitu Sate Ayam Lisidu. Inilah sate ayam yang telah diakui kelezatannya hingga pernah diundang ke Istana Presiden sebagai menu makanan saat peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tahun 2005 hingga 2007 silam. Itu sebabnya, Sate Ayam Lisidu juga dikenal dengan julukan Sate Kepresidenan.

Disebut legendaris, lantaran Sate Ayam Lisidu telah berdiri sejak 1997, pendirinya bernama Listianto. Ketika itu, dalam kisah yang tertera di buku menu, Listianto disebutkan terobses membuat sate yang bisa menjadi icon kuliner Kota Surabaya. Tekad Listianto itu bisa tersebut berhasil. Kini, lantaran Listianto telah meninggal, usaha itu diteruskan oleh anak-anaknya.

Nama Lisidu sendiri berasal dari plat mobil Kijang milik Listianto yakni L 151 DU. Jika dibaca menjadi Lisidu.  Namun, kerap kali pengunjung juga memplesetkan nama Lisidu sebagai singkatan dari “Lihat Sini Dulu!”

Sate Lisidu dikenal karena cita rasanya yang khas, juga spesialisasinya dalam menyajikan sate ayam kampung yang empuk dan lezat. Itu sebabnya, Sate Lisidu termasuk dalam daftar wajib coba bagi Anda yang ingin menjajal makanan enak di Surabaya.

Rahasia Kelezatan Sate Ayam Lisidu

Jika biasanya daging sate berupa potongan daging berukuran kecil, tapi berbeda dengan Sate Ayam Lisidu yang berukuran besar. Satu tusuk, isinya hanya satu potong daging ayam yang dipotong pipih memanjang. Tujuannya, supaya bumbunya lebih meresap ke daging.

Agar rasanya lebih empuk saat digigit, sebelum dibakar di atas alat pemanggang, Sate Lisidu yang telah dicampur bumbu dimasak terlebih dahulu. Hasilnya? Ehmm…lezat dan empuk.

Jika di tempat lain Anda mungkin akan menemukan ada arang pembakaran menempel di daging sate, tetapi tidak untuk sate yang satu ini. Sate Ayam Lisidu menjamin konsumen tak akan mendapatkan hal tersebut.. Sebab, sistem pembakarannya menggunakan kipas dari dua arah: atas dan bawah.  Dengan begitu, daging satenya bersih dari sisa-sisa pembakaran.

Dalam salah satu promosinya di Instagram @satelisidu disebutkan,”Makan Sate LISIDU, sate nya tidak gosong kenapa? Karena membakar satenya dengan bara api yang diatur dan daging sate selalu dibalik. Sehingga menghasilkan sate yang matang sempurna dan tidak gosong.”

Belum selesai sampai di situ, sate ayam yang telah dibakar lalu ditaburi bumbu kacang Tuban yang telah disangrai sebelum digiling. Rasanya gurih dan khas. Saat dihidangkan kepada konsumen, bumbu kacang Tuban yang kental itu ditaruh di wadah terpisah, sehingga konsumen bisa menuangnya sendiri dengan takaran sesuai selera.

Untuk mencegah agar satenya tidak cepat dingin, pemilik Sate Ayam Lisidu menyediakan anglo di setiap meja, yaitu alat pemanas untuk menjaga sate tetap hangat.

Di Sate Ayam Lisidu, konsumen diberi pilihan untuk memilih bagian tubuh ayam yang ingin dijadikan sate.  Anda bisa memilih daging dada saja, paha, kulit, atau jeroan. Harganya tentu berbeda-beda, satu porsi berisi sepuluh tusuk sate dipatok dari Rp 35 ribu hingga Rp 48 ribu untuk bagian dada.

Seiring waktu, Sate Ayam Lisidu makanan enak di Surabaya ini juga memperluas menunya. Selain ayam kampung, juga tersedia sate ayam pedaging yang harganya dijual lebih murah dari sate ayam kampung.

Oh ya, bagi Anda yang ingin mencicipi lezatnya Sate Ayam Lisudu, berdasarkan informasi dari pengelola Lisidu bernama Elgi, diperoleh informasi warung yang semula beralamat di Jalan Musi, telah berpindah ke tempat lain. Menurut Elgi, saat ini ada tiga tempat untuk menikmati Sate Ayam Lisidu, yaitu:

  1. Jalan Raya Gubeng No.60 Surabaya (Foodlokal Gubeng – Boliva)
  2. Jalan Ir. H. Soekarno No. 208 (Merr) di D’Kantin ITATS
  3. San Antonio N1/7

“Alamat tepatnya bisa lihat di IG @satelisidu sama @lisidu_jr,” kata Elgi saat dihubungi via WhatsApp, Jumat, 22 November 2019.

Penasaran seperti apa rasanya? Yu segera datang ke makanan enak di Surabaya yang satu ini dan rasakan sensasi makan Sate Ayam Lisidu yang merupakan Kuliner Legendaris.

Jika anda ingin berpariwisata dan mampir ketempat kuliner kuliner tersebut maka anda bisa sewa bus jakarta di sewabusmurah.co.id .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *